Langsung ke konten utama

Proposal Training Tour Leader


PROPOSAL
A.    Pendahuluan
Generasi muda adalah generasi harapan bangsa yang akan membawa perubahan besar untuk negeri ini. Terlebih Mahasiswa sebagai agen penggerak perubahan dan Sosial (Agent of Change and Social) memiliki peran yang sangat urgen sebagai pemegang estafet kepemimpinan di masa mendatang serta menjadi pelopor terbentuknya perekonomian nasional yang tangguh dan profesional. Oleh karena itu sudah saatnya dilakukan perubahan paradigma berpikir di kalangan mahasiswa, yaitu dari pola pikir sempit mencari kerja setelah lulus kuliah menjadi pencipta lapangan kerja yang berbasis pada penciptaan usaha kecil ,menengah, sampai pada penciptaan usaha berskala besar sehingga Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan menjadi pelopor pencetak wirausaha-wirausaha muda yang berkualitas. Oleh sebab itu dibutuhkan pengetahuan kemampuan serta keyakinan dalam berwirausaha yang berkualitas.
Bahasa, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya, dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosial-budaya ini tersebar, dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia Citra budaya yang bersifat memaksa tersebut membekali anggota-anggotanya dengan pedoman mengenai perilaku yang layak dan menetapkan dunia makna dan nilai logis yang dapat dipinjam anggota-anggotanya yang paling bersahaja untuk memperoleh rasa bermartabat dan pertalian dengan hidup mereka.
Perkembangan pariwisata Indonesia sebagai komponen pembangunan memperlihatkan pertumbuhan yang cukup tinggi. Hal ini terlihat dari indikator arus masuk wisatawan mancanegara di Indonesia maupun penghasilan yang diterima, yakni sebesar US $ 7.8 milyar pada tahun 1997, demikian juga jumlah wisatawan mancanegara sebesar 5,7 juta orang. Ada harapan jumlah ini meningkat di tahun mendatang.
Namun ada beberapa masalah yang dihadapi dalam dunia pariwisata pada saat ini. Satu diantaranya adalah bahwa pengelolaan Sumber Daya Manusia atau skill komunikasi dan bahasa yang dimiliki oleh seseorang di bidang Tour Leader dan Tour Guide masih belum lengkap dan tertata dengan baik. Industri pariwisata sepenuhnya adalah industri jasa (service industry) yang tergantung pada mutu tenaga kerja. Juga industri ini padat informasi dan padat tenaga berketerampilan (skills). Masa kini adalah suatu periode di mana informasi pada umumnya sangat penting. Dengan laju pertumbuhan yang tinggi, perpindahan informasi pada tingkat internasional tenaga kerja profesional sangat penting. Oleh karena itu industri pariwisata mempunyai kebutuhan yang lebih luas dalam rangka memaksimalkan hasilnya. Salah satu sarana penunjang adalah tersedianya suatu sistem pelatihan dan pengembangan skill tour leader yang dapat menjadikan pribadi yang lebih diperhitungkan dan profesional.
Pemandu Wisata adalah salah satu profesi yang sangat penting di bidang pariwisata yang bertujuan memberikan  informasi kepada wisatawan serta berperan dalam penyelenggaraan dan pemanduan perjalanan wisata. Misalnya Proninsi Jawa Tengah tepatnya Kota Semarang, tersebar potensi alam dan budaya pariwisata yang merupakan daya tarik wisata yang sangat perlu dipromosikan. Untuk itu penyelenggaraan Pelatihan Pemandu Wisata atau Tour Leader menjadi harapan optimis Pemerintah dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata guna melahirkan tenaga atau sumber daya manusia yang hadal kususnya pemandu wisata yang dapat menjadi andalan dalam meningkatkan arus kunjungan wisatawan.
Berkaitan dengan hal ini, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manjemen Dakwah (HMJ MD) Fakultas Dakwah dan komunikasi UIN Walisongo Semarang, menggagas satu konsep besar guna mendukung kreatifitas dan kemajuan bangsa dengan intelektual yang berwawasan internasional namun tetap berbudaya lokal. Sehingga dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan, kearifan lokalpun tetap terjaga.
Oleh sebab itu kami berinisiatif mengadakan serangkaian acara yang berbasis manajemen Kepariwisataan yang kami spesifikasikan melalui kegiatan pelatihan dan pengembangan yang selanjutnya kami namakan Training Tour Leader With Among Wisata Group dengan tema “Kenali Pesona Negeri Dengan Wisata Religi”. Kegiatan ini membuka peluang bagi mahasiswa, pelajar bahkan dosen sekalipun untuk membangun dan mengembangkan jiwa yang sadar akan konsepsi kepariwisataan, serta mendapatkan pengalaman secara langsung dari orang-orang yang profesional di bidangnya.

B.     Tujuan Training Tour Leader With Among Wisata Team
1.      Sebagai wujud mahakarya untuk mengenalkan konsep baru yang kreatif, dan inovatif, di bidang Tour Leader serta mengedepankan rasa sosial, tanggung jawab, dan peduli dengan lingkungan sekitar.
2.      Mendorong, dan memberikan sugesti baru kepada civitas akademika khususnya mahasiswa agar selalu giat dan gigih untuk meraih kesuksesan dengan seluruh potensi yang dimiliki.
3.      Membangun kesadaran, dan kepedulian terhadap nilai-nilai budaya, serta kecintaan pada hasil karya, cipta,  karsa manusia
4.      Memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa sebagai pengelola jasa tour dan travel mengenai berbagai bidang yang berkaitan erat dengan profesinya, sehingga terampil dan cakap dalam melaksanakan tugasnya, sebagi Tour Leader
5.      Membina para pengelola jasa tour dan travel agar berdedikasi tinggi dan penuh pengabdian terhadap tugasnya.
6.      Menumbuhkan minat dan rasa cinta terhadap profesi Tour Leader
7.      Meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang industri pariwisata dengan meningkatkan pengetahuan para pengelola jasa di bidang pariwisata mengenai berbagai bidang yang berkaitan erat dengan industri pariwisata.
8.      Meningkatkan mutu industri pariwisata di Jawa Tengah pada khususnya dengan pemberian informasi yang tepat dan bermutu kepada para pengelola jasa industri pariwisata.
9.      Sebagai sumber devisa terbesar dalam Negeri
10.  Sebagai Kekayaan potensi yang luas dan beragam
11.  Sebagai alat yang efektif dalam pengembangan wilayah dan ekonomi lokal
12.  Sebagai alat yang efektif dalam pemberdayaan masyarakat.
13.  Memantapkan kembali program kerja HMJ MD periode 2015
14.  Membentuk tali silaturrahmi antar mahasiswa jurusan Manajemen Dakwah melalui kegiatan-kegiatan.

C.    Sasaran Kegiatan
1.      Seluruh mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Fakultas Dakwah dan Komunikasi
2.      Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
3.      Dosen-dosen beserta staff karyawan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Fakultas Dakwah dan Komunikasi


D.    Nama dan Tema Kegiatan
Training Tour Leader With Among Wisata Team
“Kenali Pesona Negeri Dengan Wisata Religi”

E.     Landasan Kegiatan
1.      Hasil RAKER Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo di Gedung PPP PKB Jl. Walisongo No. 9  Mangkang pada tanggal 20-21 Februari 2015.
2.      Hasil Pertemuan HMJ MD Dengan DEKANAT Beserta KAJUR MD dan SEKJUR MD Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang di Laboratorium Dakwah Lt. II Ruang kelembagaan Islam
3.      Rapat Koordinasi Pengurus HMJ MD tahun 2015 pada tanggal 30 Maret 2015 di Laboratorium Dakwah Lt. II Ruang kelembagaan Islam UIN Walisongo Semarang

F.     Pelaksanaan Kegiatan (Terlampir)
G.    Manual Acra (Terlampir)

H.    Pendanaan
1.      Dana DIPA HMJ Manajemen Dakwah UIN Walisongo Semarang
2.      Kerjasama Sponsorship
3.      Instansi Swasta dan Negeri
4.      Bantuan yang halal dan tidak mengikat
Adapun rincian dana pengeluaran sebagaiman terlampir.

I.       Sponshorship
Dalam menyelenggarakan kegiatan Training Tour Leader Sebagai Peluang Usaha, kami Selaku Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah membutuhkan kerjasama dengan pihak perusahaan sebagai sponsorship dalam mensukseskan kegiatan Training Tour Leader ini.  Adapun paket sponsorship yang kami tawarkan sebagai berikut:

A.    Platinum Sponsor
Adalah pihak/perusahaan/Instansi yang berkerjasama dan berpartisipasi untuk suksesi acara Training Tour Leader dengan memberikan dukungan dana sebesar Rp. 5.000.000,-
Kompensasis:
ü Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar: 90 mm x 52mm) pada 700 Poster Seminar (420 mm x 297 mm/= A3) yang akan dipasang pada mading di seluruh fakultas di UIN Walisongo, Asrama UIN Walisongo, Kopma UIN Walisongo, mading UNISULA, mading UNNES, mading UDINUS, mading UNWAHAS, mading UNTAG, mading USM, mading UNDIP, serta tempat-tempat strategis lainnya.
ü Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar: 25cm x 40cm) pada Backdrop Acara (500cm x 85cm) Training Tour Leader
ü Mendapatkan stand promo (1 meja + 2 kursi / 2m x 3m) pada selama 7 hari saat acara berlangsung.

B.     Gold Sponsor
Adalah pihak/perusahaan/Instansi yang berkerjasama dan berpartisipasi untuk suksesi Training Tour Leader dengan memberikan dukungan dana sebesar Rp. 3.500.000,-
Kompensasis:
ü Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar: 50 mm x 27mm) pada 500 Poster Seminar (420 mm x 297 mm/= A3) yang akan dipasang pada mading di seluruh Description: rina 2 lembur ha haa.jpgfakultas di UIN Walisongo, Asrama UIN Walisongo, Kopma UIN Walisongo, mading UNISULA, mading UNNES, mading UDINUS, mading UNWAHAS, mading UNTAG, mading USM, mading UnDip, serta tempat-tempat strategis lainnya.
ü Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar: 15cm x 20cm) pada Backdrop Acara (500cm x 85cm) Training Tour Leader

C.    Silver Sponsor
Adalah pihak/perusahaan/Instansi yang berkerjasama dan berpartisipasi untuk suksesi Training Tour Leader dengan memberikan dukungan dana sebesar Rp. 2.000.000,-
Kompensasis:
ü Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar: 25 mm x 13,5mm) pada 300 Poster Seminar (420 mm x 297 mm/= A3) yang akan dipasang pada mading di seluruh fakultas UIN Walisongo, Ma’had UIN Walisongo, Kopma UIN Walisongo, Masjid UIN Walisongo, Perpustakaan UIN Walisongo, Amcor mading UNISULA, mading UNNES, mading UDINUS, mading UNWAHAS, mading UNTAG, mading USM, mading UNDIP, serta tempat-tempat strategis lainnya.
ü Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar: 7,5cm x 10cm) pada Backdrop Acara  Training Tour Leader

J.      Manfaat Bagi sponsor
Adapun manfaat menjadi sponsor dalam kegiatan Training Tour Leader adalah sebagai berikut:
1.      Sebagai alternatif alokasi anggaran promosi yang murah, efektif dan eksklusif.
2.      Membangun Brand Awareness dan citra perusahaan yang peduli pendidikan dan kemasyarakatan terlebih generasi muda penerus bangsa.
3.      Memperluas pasar baru dari produk perusahaan.
4.      Memperkuat market positioning dan Brand Loyality produk perusahaan
5.      Membangun sinergi dan cobranding dengan Himpunan mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang.

K.    Panitia Kegiatan (Terlampir)
L.     Informasi dan Komunikasi
Demikian proposal ini kami buat, semoga bapak/ibu mendapatkan gambaran kegiatan yang kami rencanakan terlebih dalam proposal ini. Kami menunggu partisipasi, dukungan sponsorship serta kerjasama dari bapak/ibu manajer. Oleh karena itu untuk lebih jelasnya, bapak/ibu dapat menghubungi kami di nomor telepon 085655118469 (Riza Nur Aida), 089634904953 (Sukmawati Maghfurina H) Atau melalui jejaring Sosial Kami e-mail manajemendakwah.smg@gmail.com, Fb : Manajemen Dakwah Semarang, Twiteer: @MD Semarang Fun page : Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah serta alamat web kami ialah http://www.mdsemarang.wordpress.com.


M.   Penutup
Demikian Proposal ini kami sampaikan, besar harapan dari kami, bapak ibu, manajer, direktur dan intansi terkait dapat berperan aktif dalam mensukseskan program kerja yang telah kami rencanakan. Kami menaruh secercah harapan besar kepada bapak/ibu untuk ikut andil dalam memberdayakan potensi sumber daya manusia khususnya mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Pelajar dan Khalayak pada umumnya. Tak lebih niat kami mencerdaskan kehidupan bangsa serta turut membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat penggangguran di Indonesia, dengan berbagi informasi kepada kami.
Atas perhatian, dukungan dan kerjasama bapak/ibu manajer serta jajarannya, kami mengucapkan jazaakumullahu khairan katsiraan. Kurang dan lebihnya kami mohon maaf serta untaian rasa terimakasih kami sampaikan dari hati yang tulus kepada Bapak/Ibu sekalian. Semoga niat baik bapak ibu mendapat balasan terindah dari Tuhan YME.


N.    Lembar Pengesahan

Semarang, 30 September 2015
Panitia Pelaksana
Training Tour Leader
       Ketua                                                                               Sekretaris




       Sukmawati Maghfurina. H.                                          Su’udah
       NIM. 131311013                                                             NIM. 1401036097

 

                                                                                               
                                                                                               



                                                                                                                                               






 

























 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

















Lampiran I

Panitia Pelaksana Training Tour Leader
Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang


Penanggung Jawab                : Riza Nur Aida
Ketua Pelaksana                    : Sukmawati Maghfuruna Hasyim
Sekretaris                               : Su’udah
Bendahara                              : Mike Masyithoh


Sie. Perekrutan Masa             : - Suci Aimmatus. S
                                               : - M. Khoerul Iqbal
                                               : - M. Hufron
                                               : - Lutfi Farid

Sie. Pendanaan

1.      Maghfirotul Hasanah (koord)
2.      Eko Putra Nurul Huda
3.      Habibullah Al Hamami

Sie Kesekretariatan

1.      Ana Farokatul Aini (koord)
2.      Nunung Rokhanah
3.      Filla Lailatul Kurdiyah
Sie. Perlengkapan

1.      M. Andi Saputra
2.      Shalichul Annas Aulia
3.      M. Rizki Kurdiantoro


Sie. Humas

1.      Muhammad Agung Setiawan
2.      Aly Muhyidi
3.      Ismungi
Sie. Konsumsi

1.      Faizah Intan Putri
2.      Nihlatun Nafi’ah
3.      Eka Nur Jannah
Sie. Pub. Dek. Dok

1.      Aini Nur Syarifah (koord)
2.      Nurul Khamidah
3.      Nafis Alfaris

Sie. Acara

1.     Fahrudin Yusuf
2.     Erwin Ahmadi









Lampiran II

Manual Acara
Training Tour Leader With Among Wisata Group
Kenali Pesona Negeri Dengan Wisata Religi
oleh
Himpunan Mahasiswa jurusan Manajemen Dakwah
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang

Kamis, 15 Oktober 2015
NO
WAKTU
ACARA
PEMBICARA
PENAGGUNG JAWAB
1.
08.00 - 08.30
Registrasi Peserta Training Tour Leader


Ana Farokatul Aini.

2.
08.30 – 09.00
Pembukaan
-        Ketua HMJ MD
(Riza Nur Aida)
-        Dekan Fakultas Dakwah
(Dr. H. M. Awaludin Pimay, Lc.M.Ag.)

Sukmawati Maghfurina
3.
09.00 – 09.30
Coffe Break dan Hiburan Music Akustik

Faizah Intan Putri
4.
09.30– 12.00
             Materi sesi 1
·         Manajemen Perjalanan Wisata

·         Kepariwisataan



·         Bpk. Agung Wibowo
(Ketua Among Wisata)

·         Bpk. Ali Azhar
(Owner Biro Safari)


Suci Aimmatus S
5.
12.00 -12.30
ISHOMA




Nihlatun Nafi’ah


6.
12.30 – 13.30
Materi Sesi II
·    Giuding Tehnik
Bpk. Pandu
(Pengurus Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Jawa Tengah)
Fahrudin yusuf
7.
13.30 – 14.30
Seleksi Peserta Training Tour Leader

Mas Heri Nur Hadi, S. Sos., I.
8.
14.30 – 15.00
Penutupan

Erwin Ahmadi








Jumat, 16 Oktober 2015
NO
WAKTU
ACARA
PEMBICARA
PENAGGUNG JAWAB
1.
06.00 - 06.30

Pengondisian Peserta Training Tour Leader


Nafis Al Faris
2.
06.30 – 07.00
Persiapan Pemberangkatan ke Objek Wisata
-        Ketua HMJ MD
(Riza Nur Aida)



Sukmawati Maghfurina
3.
07.0    – 15.00

Praktik Tour Guide dan Tour Leader bersama Among Wisata Group di dalam Bus dan lokasi dengan Obyek Wisata:
·         Kota Lama
·         Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)
·         Watu Gong




Faizah Intan Putri
             &
 Fahrudin Yusuf

4.
15.00 – 16.00
Perjalanan Pulang


Suci Aimmatus S























Estimasi Anggaran Training Tour Leader
Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah
UIN Walisongo Semarang
“Kenali Pesona Negeri Dengan Wisata Religi”.

       Training Tour Leader With Among Wisata

PEMASUKAN
1.       
Peserta 100 x 20.000
Rp. 2.000.000

PENGELUARAN
Kesekretariatan
1.       
Co. Card Peserta 100 x Rp. 5000
Rp.     500.000
2.       
Co. Card Panitia   29 x Rp. 5000
Rp.     145.000
3.       
Sertifikat Peserta 100 x  Rp. 3000
Rp.     300.000
4.       
Print dan Foto Copy Materi
Rp.     100.000
5.       
Vandel 3 x Rp. 50.000
Rp.     150.000
6.       
Bisyaroh Pembicara 3 x Rp. 500.000
Rp.  1.500.000
7.       
Presensi peserta dan panitia
Rp.     100.000
TOTAL
Rp.  2.795.000
Perlengkapan dan Akomodasi
Sewa Bus 1 Hari
Rp.  1.000.000
Parkir
Rp.     100.000
TOTAL
Rp.  1.100.000
Konsumsi
Air Mineral 4 dus @ 20.000
Rp.       80.000
Snack 129 x @ 7500
Rp.     967.500
TOTAL
Rp.  1.047.500





REKAPITULASI PEMASUKAN DAN PENGELUARAN
1.       
Pemasukan
Rp. 2.000.000
2.       
Pengeluaran
Rp. 4.942.500

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Ujian Akhir Semester Filsafat Islam

UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH                : Filsafat Islam DOSEN                         : Dr. Ilyas Supena, M.Ag Sifat Ujian                  : Open Book (dilarang kerjasama)   Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat dan jelas! 1.      Di era klasik, Filsafat Islam berkembang di dua wilayah dengan arah perkembangan orientasi yang berbeda; Baghdad di satu sisi dan Andaluis di sisi lain. Jelaskan orientasi pemikiran filsafat yang berkembang di Baghdad! Jelaskan orientasi pemikiran filsafat yang berkembang di Andalusia!