PROPOSAL
A.
Pendahuluan
Generasi muda adalah generasi harapan
bangsa yang akan membawa perubahan besar untuk negeri ini. Terlebih Mahasiswa sebagai agen penggerak perubahan dan Sosial (Agent of
Change and Social) memiliki peran yang sangat urgen sebagai pemegang
estafet kepemimpinan di masa mendatang serta menjadi pelopor terbentuknya
perekonomian nasional yang tangguh dan profesional. Oleh karena itu sudah
saatnya dilakukan perubahan paradigma berpikir di kalangan mahasiswa, yaitu
dari pola pikir sempit mencari kerja setelah lulus kuliah menjadi pencipta
lapangan kerja yang berbasis pada penciptaan usaha kecil ,menengah, sampai pada
penciptaan usaha berskala besar sehingga Indonesia bisa menjadi tuan rumah di
negeri sendiri dan menjadi pelopor pencetak wirausaha-wirausaha muda yang
berkualitas. Oleh sebab itu dibutuhkan pengetahuan kemampuan serta keyakinan dalam
berwirausaha yang berkualitas.
Bahasa, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga
banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika
seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya, dan menyesuaikan
perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. Budaya adalah
suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas.
Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosial-budaya
ini tersebar, dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia Citra budaya yang
bersifat memaksa tersebut membekali anggota-anggotanya dengan pedoman mengenai
perilaku yang layak dan menetapkan dunia makna dan nilai logis yang dapat dipinjam anggota-anggotanya yang paling bersahaja untuk
memperoleh rasa bermartabat dan pertalian dengan hidup mereka.
Perkembangan pariwisata
Indonesia sebagai komponen pembangunan memperlihatkan pertumbuhan yang cukup
tinggi. Hal ini terlihat dari indikator arus masuk wisatawan mancanegara di
Indonesia maupun penghasilan yang diterima, yakni sebesar US $ 7.8 milyar pada
tahun 1997, demikian juga jumlah wisatawan mancanegara sebesar 5,7 juta orang.
Ada harapan jumlah ini meningkat di tahun mendatang.
Namun ada beberapa masalah yang dihadapi dalam dunia pariwisata pada saat
ini. Satu diantaranya adalah bahwa pengelolaan Sumber Daya Manusia atau skill
komunikasi dan bahasa yang dimiliki oleh seseorang di bidang Tour Leader dan
Tour Guide masih belum lengkap dan tertata dengan baik. Industri pariwisata
sepenuhnya adalah industri jasa (service industry) yang tergantung pada mutu
tenaga kerja. Juga industri ini padat informasi dan padat tenaga
berketerampilan (skills). Masa kini adalah suatu periode di mana informasi pada
umumnya sangat penting. Dengan laju pertumbuhan yang tinggi, perpindahan
informasi pada tingkat internasional tenaga kerja profesional sangat penting.
Oleh karena itu industri pariwisata mempunyai kebutuhan yang lebih luas dalam
rangka memaksimalkan hasilnya. Salah satu sarana penunjang adalah tersedianya
suatu sistem pelatihan dan pengembangan skill tour leader yang dapat menjadikan
pribadi yang lebih diperhitungkan dan profesional.
Pemandu Wisata adalah salah satu profesi yang sangat penting di
bidang pariwisata yang bertujuan memberikan informasi kepada wisatawan
serta berperan dalam penyelenggaraan dan pemanduan perjalanan wisata. Misalnya Proninsi
Jawa Tengah tepatnya Kota Semarang, tersebar potensi alam dan budaya pariwisata
yang merupakan daya tarik wisata yang sangat perlu dipromosikan. Untuk itu
penyelenggaraan Pelatihan Pemandu Wisata atau Tour Leader menjadi harapan
optimis Pemerintah dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata guna
melahirkan tenaga atau sumber daya manusia yang hadal kususnya pemandu wisata
yang dapat menjadi andalan dalam meningkatkan arus kunjungan wisatawan.
Berkaitan
dengan hal ini, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manjemen Dakwah (HMJ MD) Fakultas
Dakwah dan komunikasi UIN Walisongo Semarang, menggagas satu konsep besar guna mendukung kreatifitas dan kemajuan
bangsa dengan intelektual yang berwawasan internasional namun tetap
berbudaya lokal. Sehingga dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan, kearifan
lokalpun tetap terjaga.
Oleh sebab itu
kami berinisiatif mengadakan serangkaian acara yang berbasis manajemen
Kepariwisataan yang kami spesifikasikan melalui kegiatan pelatihan dan
pengembangan yang selanjutnya kami namakan Training Tour Leader With Among
Wisata Group dengan tema “Kenali Pesona Negeri
Dengan Wisata Religi”. Kegiatan ini membuka peluang bagi mahasiswa, pelajar bahkan dosen
sekalipun untuk membangun dan mengembangkan jiwa yang sadar akan konsepsi
kepariwisataan, serta mendapatkan pengalaman secara langsung dari orang-orang
yang profesional di bidangnya.
B.
Tujuan
Training Tour Leader With Among Wisata Team
1.
Sebagai
wujud mahakarya untuk mengenalkan konsep baru yang kreatif, dan inovatif, di
bidang Tour Leader serta mengedepankan rasa sosial, tanggung jawab, dan peduli
dengan lingkungan sekitar.
2.
Mendorong,
dan memberikan sugesti baru kepada civitas akademika khususnya mahasiswa agar
selalu giat dan gigih untuk meraih kesuksesan dengan seluruh potensi yang
dimiliki.
3.
Membangun
kesadaran, dan kepedulian terhadap nilai-nilai budaya, serta kecintaan pada hasil
karya, cipta, karsa manusia
4. Memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa sebagai pengelola jasa tour
dan travel mengenai berbagai bidang yang berkaitan erat dengan profesinya, sehingga
terampil dan cakap dalam melaksanakan tugasnya, sebagi Tour Leader
5. Membina para pengelola jasa tour dan travel agar berdedikasi tinggi dan
penuh pengabdian terhadap tugasnya.
6. Menumbuhkan minat dan rasa cinta terhadap profesi Tour Leader
7. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang industri pariwisata
dengan meningkatkan pengetahuan para pengelola jasa di bidang pariwisata
mengenai berbagai bidang yang berkaitan erat dengan industri pariwisata.
8. Meningkatkan mutu industri pariwisata di Jawa Tengah pada khususnya dengan
pemberian informasi yang tepat dan bermutu kepada para pengelola jasa industri
pariwisata.
9. Sebagai sumber devisa terbesar dalam Negeri
10. Sebagai Kekayaan potensi yang luas dan beragam
11. Sebagai alat yang efektif dalam pengembangan wilayah dan ekonomi lokal
12.
Sebagai alat yang
efektif dalam pemberdayaan masyarakat.
13.
Memantapkan
kembali program kerja HMJ MD periode 2015
14.
Membentuk
tali silaturrahmi antar mahasiswa jurusan Manajemen Dakwah melalui
kegiatan-kegiatan.
C.
Sasaran
Kegiatan
1.
Seluruh
mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Fakultas Dakwah dan
Komunikasi
2.
Mahasiswa
Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam
Negeri Walisongo Semarang.
3.
Dosen-dosen
beserta staff karyawan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Fakultas
Dakwah dan Komunikasi
D.
Nama
dan Tema Kegiatan
Training
Tour Leader With Among Wisata Team
“Kenali Pesona Negeri
Dengan Wisata Religi”
E.
Landasan
Kegiatan
1. Hasil RAKER Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo di Gedung PPP PKB Jl. Walisongo No. 9 Mangkang pada tanggal 20-21 Februari 2015.
2. Hasil
Pertemuan HMJ MD Dengan DEKANAT Beserta KAJUR MD dan SEKJUR MD Fakultas Dakwah
dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang di Laboratorium Dakwah Lt. II Ruang
kelembagaan Islam
3. Rapat
Koordinasi Pengurus HMJ MD tahun 2015 pada tanggal 30 Maret 2015 di
Laboratorium Dakwah Lt. II Ruang kelembagaan Islam UIN Walisongo Semarang
F.
Pelaksanaan
Kegiatan (Terlampir)
G.
Manual
Acra (Terlampir)
H.
Pendanaan
1.
Dana
DIPA HMJ Manajemen Dakwah UIN Walisongo Semarang
2.
Kerjasama
Sponsorship
3.
Instansi
Swasta dan Negeri
4.
Bantuan
yang halal dan tidak mengikat
Adapun rincian dana pengeluaran sebagaiman terlampir.
I.
Sponshorship
Dalam menyelenggarakan
kegiatan Training Tour Leader Sebagai Peluang Usaha, kami Selaku
Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah membutuhkan kerjasama dengan pihak
perusahaan sebagai sponsorship dalam mensukseskan kegiatan Training Tour Leader
ini. Adapun paket sponsorship yang kami
tawarkan sebagai berikut:
A.
Platinum Sponsor
Adalah pihak/perusahaan/Instansi yang
berkerjasama dan berpartisipasi untuk suksesi acara Training Tour
Leader dengan
memberikan dukungan dana sebesar Rp. 5.000.000,-
Kompensasis:
ü Penyertaan logo
perusahaan/produk (sebesar: 90 mm x 52mm) pada 700 Poster Seminar (420 mm x 297 mm/= A3) yang akan dipasang pada
mading di seluruh fakultas di UIN Walisongo, Asrama UIN Walisongo, Kopma UIN
Walisongo, mading UNISULA, mading UNNES, mading UDINUS, mading UNWAHAS, mading
UNTAG, mading USM, mading UNDIP, serta tempat-tempat strategis lainnya.
ü Penyertaan logo
perusahaan/produk (sebesar: 25cm x 40cm) pada Backdrop Acara (500cm x 85cm) Training Tour
Leader
ü Mendapatkan stand promo (1 meja + 2 kursi / 2m x
3m) pada selama 7 hari saat acara berlangsung.
B.
Gold Sponsor
Adalah pihak/perusahaan/Instansi yang
berkerjasama dan berpartisipasi untuk suksesi Training Tour
Leader dengan
memberikan dukungan dana sebesar Rp. 3.500.000,-
Kompensasis:
ü Penyertaan logo
perusahaan/produk (sebesar: 50 mm x 27mm) pada 500 Poster Seminar (420 mm x 297 mm/= A3) yang akan dipasang pada
mading di seluruh fakultas di UIN Walisongo,
Asrama UIN Walisongo, Kopma UIN Walisongo, mading UNISULA, mading UNNES, mading
UDINUS, mading UNWAHAS, mading UNTAG, mading USM, mading UnDip, serta
tempat-tempat strategis lainnya.
ü Penyertaan logo
perusahaan/produk (sebesar: 15cm x 20cm) pada Backdrop Acara (500cm x 85cm) Training Tour
Leader
C.
Silver Sponsor
Adalah pihak/perusahaan/Instansi yang
berkerjasama dan berpartisipasi untuk suksesi Training Tour
Leader dengan
memberikan dukungan dana sebesar Rp. 2.000.000,-
Kompensasis:
ü Penyertaan logo
perusahaan/produk (sebesar: 25 mm x 13,5mm) pada 300 Poster Seminar (420 mm x 297 mm/= A3) yang akan dipasang pada
mading di seluruh fakultas UIN Walisongo, Ma’had UIN Walisongo, Kopma UIN
Walisongo, Masjid UIN Walisongo, Perpustakaan UIN Walisongo, Amcor mading
UNISULA, mading UNNES, mading UDINUS, mading UNWAHAS, mading UNTAG, mading USM,
mading UNDIP, serta tempat-tempat strategis lainnya.
ü Penyertaan logo
perusahaan/produk (sebesar: 7,5cm x 10cm) pada Backdrop Acara Training
Tour Leader
J.
Manfaat
Bagi sponsor
Adapun
manfaat menjadi sponsor dalam kegiatan Training Tour Leader adalah sebagai
berikut:
1.
Sebagai
alternatif alokasi anggaran promosi yang murah, efektif dan eksklusif.
2.
Membangun
Brand Awareness dan citra perusahaan yang peduli pendidikan dan
kemasyarakatan terlebih generasi muda penerus bangsa.
3.
Memperluas
pasar baru dari produk perusahaan.
4.
Memperkuat
market positioning dan Brand Loyality produk perusahaan
5.
Membangun
sinergi dan cobranding dengan Himpunan mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang.
K.
Panitia
Kegiatan (Terlampir)
L.
Informasi
dan Komunikasi
Demikian
proposal ini kami buat, semoga bapak/ibu mendapatkan gambaran kegiatan yang
kami rencanakan terlebih dalam proposal ini. Kami menunggu partisipasi,
dukungan sponsorship serta kerjasama dari bapak/ibu manajer. Oleh karena itu
untuk lebih jelasnya, bapak/ibu dapat menghubungi kami di nomor telepon
085655118469 (Riza Nur Aida), 089634904953
(Sukmawati Maghfurina H) Atau
melalui jejaring Sosial Kami e-mail manajemendakwah.smg@gmail.com, Fb : Manajemen Dakwah
Semarang, Twiteer: @MD Semarang Fun page : Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen
Dakwah serta alamat web kami ialah http://www.mdsemarang.wordpress.com.
M.
Penutup
Demikian Proposal ini kami sampaikan, besar
harapan dari kami, bapak ibu, manajer, direktur dan intansi terkait dapat
berperan aktif dalam mensukseskan program kerja yang telah kami rencanakan. Kami
menaruh secercah harapan besar kepada bapak/ibu untuk ikut andil dalam
memberdayakan potensi sumber daya manusia khususnya mahasiswa Universitas Islam
Negeri Walisongo Semarang Pelajar dan Khalayak pada umumnya. Tak lebih niat
kami mencerdaskan kehidupan bangsa serta turut membantu pemerintah dalam
mengurangi tingkat penggangguran di Indonesia, dengan berbagi informasi kepada
kami.
Atas perhatian, dukungan dan kerjasama
bapak/ibu manajer serta jajarannya, kami mengucapkan jazaakumullahu khairan
katsiraan. Kurang dan lebihnya kami mohon maaf serta untaian
rasa terimakasih kami sampaikan dari hati yang tulus kepada Bapak/Ibu sekalian.
Semoga niat baik bapak ibu mendapat balasan terindah dari Tuhan YME.
N.
Lembar
Pengesahan
Semarang, 30
September 2015
Panitia
Pelaksana
Training Tour Leader
Ketua Sekretaris
Sukmawati Maghfurina. H. Su’udah
NIM. 131311013 NIM. 1401036097
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran I
Panitia
Pelaksana Training Tour Leader
Himpunan
Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah
Fakultas Dakwah
dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang
Penanggung Jawab :
Riza Nur Aida
Ketua Pelaksana :
Sukmawati Maghfuruna Hasyim
Sekretaris :
Su’udah
Bendahara :
Mike Masyithoh
Sie. Perekrutan Masa : - Suci Aimmatus. S
:
- M. Khoerul Iqbal
:
- M. Hufron
:
- Lutfi Farid
Sie.
Pendanaan
1.
Maghfirotul
Hasanah (koord)
2.
Eko Putra
Nurul Huda
3.
Habibullah Al
Hamami
|
Sie
Kesekretariatan
1.
Ana Farokatul
Aini (koord)
2.
Nunung
Rokhanah
3.
Filla
Lailatul Kurdiyah
|
Sie.
Perlengkapan
1.
M. Andi
Saputra
2.
Shalichul
Annas Aulia
3.
M. Rizki
Kurdiantoro
|
Sie.
Humas
1.
Muhammad Agung
Setiawan
2.
Aly Muhyidi
3.
Ismungi
|
Sie.
Konsumsi
1.
Faizah Intan
Putri
2.
Nihlatun
Nafi’ah
3.
Eka Nur
Jannah
|
Sie.
Pub. Dek. Dok
1.
Aini Nur
Syarifah (koord)
2.
Nurul
Khamidah
3.
Nafis Alfaris
|
Sie. Acara
1.
Fahrudin
Yusuf
2.
Erwin Ahmadi
|
Lampiran II
Manual Acara
Training Tour
Leader With Among Wisata Group
Kenali Pesona Negeri Dengan Wisata Religi
oleh
Himpunan
Mahasiswa jurusan Manajemen Dakwah
Fakultas Dakwah
dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang
Kamis, 15 Oktober
2015
|
|||||
NO
|
WAKTU
|
ACARA
|
PEMBICARA
|
PENAGGUNG
JAWAB
|
|
1.
|
08.00 - 08.30
|
Registrasi
Peserta Training Tour Leader
|
|
Ana Farokatul Aini.
|
|
2.
|
08.30 – 09.00
|
Pembukaan
|
-
Ketua HMJ MD
(Riza Nur Aida)
-
Dekan Fakultas Dakwah
(Dr. H. M. Awaludin Pimay,
Lc.M.Ag.)
|
Sukmawati Maghfurina
|
|
3.
|
09.00 – 09.30
|
Coffe Break dan
Hiburan Music Akustik
|
|
Faizah Intan Putri
|
|
4.
|
09.30– 12.00
|
Materi sesi 1
·
Manajemen
Perjalanan Wisata
·
Kepariwisataan
|
·
Bpk. Agung Wibowo
(Ketua Among Wisata)
·
Bpk. Ali Azhar
(Owner Biro Safari)
|
Suci Aimmatus S
|
|
5.
|
12.00 -12.30
|
ISHOMA
|
|
Nihlatun Nafi’ah
|
|
6.
|
12.30 – 13.30
|
Materi Sesi II
·
Giuding Tehnik
|
Bpk. Pandu
(Pengurus
Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Jawa Tengah)
|
Fahrudin yusuf
|
|
7.
|
13.30 – 14.30
|
Seleksi Peserta
Training Tour Leader
|
|
Mas Heri Nur
Hadi, S. Sos., I.
|
|
8.
|
14.30 – 15.00
|
Penutupan
|
|
Erwin Ahmadi
|
|
Jumat, 16
Oktober 2015
|
||||
NO
|
WAKTU
|
ACARA
|
PEMBICARA
|
PENAGGUNG
JAWAB
|
1.
|
06.00 - 06.30
|
Pengondisian
Peserta Training Tour Leader
|
|
Nafis Al Faris
|
2.
|
06.30 – 07.00
|
Persiapan
Pemberangkatan ke Objek Wisata
|
-
Ketua HMJ MD
(Riza
Nur Aida)
|
Sukmawati Maghfurina
|
3.
|
07.0 – 15.00
|
Praktik Tour
Guide dan Tour Leader bersama Among Wisata Group di dalam Bus dan lokasi
dengan Obyek Wisata:
·
Kota Lama
·
Masjid Agung
Jawa Tengah (MAJT)
·
Watu Gong
|
|
Faizah
Intan Putri
&
Fahrudin Yusuf
|
4.
|
15.00 – 16.00
|
Perjalanan Pulang
|
|
Suci
Aimmatus S
|
Estimasi
Anggaran Training Tour Leader
Himpunan
Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah
UIN Walisongo
Semarang
“Kenali Pesona Negeri Dengan Wisata Religi”.
Training Tour Leader With Among Wisata
PEMASUKAN
|
||
1.
|
Peserta 100 x
20.000
|
Rp. 2.000.000
|
PENGELUARAN
|
|||
Kesekretariatan
|
|||
1.
|
Co. Card
Peserta 100 x Rp. 5000
|
Rp. 500.000
|
|
2.
|
Co. Card
Panitia 29 x Rp. 5000
|
Rp. 145.000
|
|
3.
|
Sertifikat
Peserta 100 x Rp. 3000
|
Rp. 300.000
|
|
4.
|
Print dan
Foto Copy Materi
|
Rp. 100.000
|
|
5.
|
Vandel 3 x
Rp. 50.000
|
Rp. 150.000
|
|
6.
|
Bisyaroh
Pembicara 3 x Rp. 500.000
|
Rp. 1.500.000
|
|
7.
|
Presensi
peserta dan panitia
|
Rp. 100.000
|
|
TOTAL
|
Rp. 2.795.000
|
||
Perlengkapan dan Akomodasi
|
|||
Sewa Bus 1
Hari
|
Rp. 1.000.000
|
||
Parkir
|
Rp. 100.000
|
||
TOTAL
|
Rp. 1.100.000
|
||
Konsumsi
|
|||
Air Mineral 4
dus @ 20.000
|
Rp. 80.000
|
||
Snack 129 x @
7500
|
Rp. 967.500
|
||
TOTAL
|
Rp. 1.047.500
|
||
REKAPITULASI PEMASUKAN DAN PENGELUARAN
|
||
1.
|
Pemasukan
|
Rp. 2.000.000
|
2.
|
Pengeluaran
|
Rp. 4.942.500
|
Komentar
Posting Komentar